Big Data di Media Sosial

Begitu banyaknya platform media sosial, menjadikan lalulintas data yang tertimbun menjadi asset yang luarbiasa bernilai, jika bisa memanfaatkannya. Tidak mudah memetik momentum, dalam memanfaatkan database yang secara volume cukup besar.

Photo by Kevin Ku on Pexels.com

Volume yang besar ini diakibatkan oleh karena perkembangan transmisi digital yang semakin cepat, media simpan yang semakin andal, teknologi clustering yang semakin maju, teknik kompresi data semakin efisien serta efektif,  sehingga kecepatan penyimpanan data dan pertukaran data menjadi semakin berkembang dengan dahsyat. Hal inilah yang disebut dengan Velocity.

Photo by Christina Morillo on Pexels.com

Platform media sosial semakin beragam, dengan tawaran informasi yang semakin dikemas dengan menarik, menjadikan variasi data yang semakin beragam mengikuti platform yang digunakan. Beragamnya variasi data, menjadikan warna big data semakin berbinar berpendar warna-warni. Variasi ini merupakan V nomor 3 dari ciri sebuah big data yaitu Variaty.

Big data di media sosial, merupakan hasil dari interaksi secara organik penggunanya, sehingga datanya hidup dan berubah setiap waktu. Data terkumpul dari beberapa titik di penjuru dunia, terdistribusi sangat luas sekali, hal ini disebut dengan Veracity, ciri dari big data. V yang terakhir yang tidak kalah pentingnya dalam big data media sosial adalan Value, atau nilai dari sebuah big data yang luar biasa berharga. Hal ini lah menjadikan big data menadi senjata strategis dalam ilmu pemasaran yang baru, dimana penguasaannya menjadi sebuah keharusan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s